One Day Trip #1 | Chartres

Wednesday, April 25, 2018

Akhir pekan lalu tanggal 21 April 2018, saya dan suami jalan-jalan ke Chartres. Chartres itu sebuah kota kecil di Perancis yang letaknya gak jauh dari Paris. Kita emang sengaja milih kota ini karena lagi pengin jalan-jalan yang dekat-dekat aja, jadi bisa one day trip, ibarat jalan-jalan ke Bogor kali ya. Sebenarnya ide jalan-jalan ke kota-kota sekitaran Paris ini terinspirasi dari salah satu teman kita (halo Mas Ari!), akhirnya setelah googling dan bikin list kota-kota menarik di sekitar Paris, kita memutuskan pergi ke Chartres.


Jarak dari Paris (dari Gare Montparnasse) ke Chartres itu cuma sekitar 1 jam naik TER, harga tiketnya untuk satu orang- pulang pergi itu 32€. Yang saya baca sebenernya gak perlu booking tiket dari sebelumnya, tapi kita beli dulu dari beberapa hari sebelumnya.

Kita sampai di Gare de Chartres sekitar jam 10 pagi. Beruntung banget hari itu cerah walaupun menurut google akan hujan, ternyata dia bohong! Hahaha. Ada 7 tempat yang kita kunjungi, mariiii

1. Cathédrale de Chartres

Chartres memang terkenal dengan Cathédrale-nya, bahkan katanya adalah gereja dengan gaya Gothic paling bagus di Perancis.

Tiket Cathédrale de Chartres: Gratis
Tiket ruang bawah tanah: 4




Berjalan sekitar 5 menit dari stasiun, kita bisa ketemu tempat ini dan bisa liat Cathédrale de Chartres dari jauh karena letaknya diatas bukit.












Yang di bawah ini adalah veilnya Bunda Maria. Waktu gereja ini kebakaran, beberapa pastor berusaha lari dan sembunyi ke ruang bawah tanah selama beberapa hari untuk menyelamatkan veil ini.


Kita juga bisa mengunjungi ruang bawah tanah yang sudah ada sebelum kebakaran itu. Akan ada tour guide yang jelasin sejarah gereja ini, berhubung jelasinnya dalam bahasa Perancis, jadi saya nunggu terjemahan dari suami haha.







2. Jardins de l'Évêché

Untuk ke taman ini (yang sebenernya letaknya di belakang Cathédrale) bisa masuk lewat  sampingnya Musée des Beaux-Arts. Kali ini saya gak masuk ke museum, cuma numpang lewat aja. Gemes lhooo ada yang gambar-gambar. Kita duduk-duduk disini untuk istirahat dan pastinya ngemil. Sambil liat list tempat yang bakal kita kunjungi.


















 Ini dia tamannya kalau diliat dari atas.



Setelah itu kita turun ke taman dan keluar dari pintu sampingnya, lalu jalan-jalan keliling. Ternyata kota ini emang seru untuk jalan-jalan santai tanpa diburu-buru.







3. Jalan-jalan sepanjang sungai

Sesudah dari taman, kita jalan-jalan di sepanjang sungai dan ke daerah perumahan. Aneh sih kayak main ke kompleks orang tapi rumah-rumah disana gemas-gemas jadi saya senang haha.









And Invader was here!





4. Église Saint-Pierre de Chartres

Tempat selanjutnya adalah gereja, namanya église Saint-Pierre. Waktu sampai disana, kita kurang yakin bisa masuk atau enggak, karena kok kayaknya sepi. Akhirnya kita masuk, daaan kosong! Cuma kita berdua yang dateng. Kelihatannya sih gereja ini lagi dalam tahap renovasi. Tapi begitu masuk ke dalam, rasanya lega banget karena ademmmm hahaha, gereja di Eropa memang salah satu destinasi favorit saya kalau lagi cuaca panas haha.


Ini tampilan depan gerejanya. Trus foto-foto di bawah ini sisi dalamnya, bener-bener gak ada pengunjung lain selain kita berdua haha.




5. Église Saint-Aignan

Gereja ketiga yang mau kita kunjungi namanya Saint-Aignan. Tapi ternyata waktu kita sampai sana, ada yang lagi kawinan dongg disitu jadi kita gak bisa masuk hahaha. Jadi cuma bisa foto-foto diluar sambil nontonin pengantin barunya pergi naik Bentley. Padahal kayaknya dalemnya kece (ngintip dari jauh), maybe next time yaa.




6. Maison Picassiette

Tempat keenam ini salah satu obyek wisata wajib kalau ke Chartres juga. Namanya Maison Picassiette. Letaknya agak jauh dari gereja-gereja dan kompleks rumah tadi, tapi masih bisa dijangkau dengan jalan kaki kok, kira-kira 20 menitan dari pusat, tinggal pakai google maps pasti sampai.

Jadi, tempat ini adalah rumah dari seseorang yang namanya Raymond Isidore. Semua bagian rumahnya dilapisi mozaik dari pecahan barang pecah belah, piring, gelas dkk. Dan di bagian belakang ada tamannyaa. Cukup niat dan dedikasi sih, karena pe er banget ngelapisin seluruh rumah pake mozaik haha, dia juga bikin gambar-gambar dengan mozaiknya itu. Walopun suami bilang tempat ini kurang seru, tapi saya tetep salut sama om Raymond.

Tiket Maison Picassiette: 6












7. Parc des Bords de L'Eure Chartres

Ini adalah tempat terakhir yang kita kunjungi waktu di Chartres sebelum pulang ke Paris. Saya suka banget sama taman ini! Intinya sih taman dengan pohon-pohon besar, tapi berhubung hari itu lagi panas dan kita udah jalan seharian, istirahat di taman ini kayak surga banget haha. Bahkan kita sempet ketiduran di rumput sambil nunggu jam kereta pulang (sebelum akhirnya disemutin jadi kita memutuskan untuk bergerak haha).








Akhirnya waktunya pulang ke Paris! Kereta kita adalah jam 19:00. Dan kita hampir mengunjungi semua tempat wisata di Chartres. Seneng banget one day trip pertama kita sukses! Dan seneng karena postingan panjang ini selesai jugaa hahaha. Oh iya, sepanjang trip ini kita full jalan kaki, jadi untuk yang mau ke Chartres tapi gak ada kendaraan, gak perlu sedih! Semua tempatnya bisa dijangkau dengan jalan kaki.

Baiklahhh, sampai jumpa di one day trip selanjutnya!


You Might Also Like

0 comment (s)