Legalisir Acte de Mariage dan Melaporkan Pernikahan di KBRI Paris

Tuesday, December 12, 2017

Setelah menikah secara sipil di Paris, saya tinggal disana sekitar 2 bulan kurang. Akhirnya bisa menikmati Paris tanpa dipusingkan sama persiapan nikah!

Tapiii sebelum balik ke Indonesia, ada beberapa hal yang harus saya lakukan, pastinya masih sekitar urusan dokumen haha, yaitu lapor ke KBRI untuk dibuatkan surat keterangan menikah. Surat itu yang nantinya saya bawa ke kantor catatan sipil.

Langkah-langkah untuk lapor ke KBRI cukup gampang. Jadi pertama-tama saya dan suami datang ke mairie tempat dimana kami menikah, lalu minta dibuatkan acte de mariage. Caranya cuma isi form lalu submit deh, acte de mariagenya langsung jadi tanpa perlu menunggu lama.

Sesudah itu kita bawa dokumennya ke kantor Kementerian Luar Negri Perancis di Paris untuk dilegalisir, nama kantornya kalo cari di google maps adalah Bureau des légalisations du ministère des affaires étrangerères, alamatnya adalah di 57 Boulevard des Invalides, 75007 Paris. Biayanya 10 euro untuk setiap dokumen, dannn bisa langsung diambil juga.

Setelah dilegalisir, tahap selanjutnya tinggal dibawa ke KBRI deh. Waktu itu saya cuma bawa acte de mariage itu saja, gak diminta dokumen lainnya. Biayanya gratis! Dan besoknya sudah bisa diambil.

Gampang kann, dibadingkan dengan ngurus dokumen sebelum nikahnya yang panjang itu haha. Selanjutnya waktunya kembali ke Indonesia. Nanti saya ceritain lagi tentang bagaimana cara untuk melaporkan pernikahan luar negri di catatan sipil di Indonesia. Tapi sesudah ini saya mau bikin postingan-postingan yang banyak fotonya dulu haha.

À bientôt! :)

You Might Also Like

0 comment (s)