My Super Trip | Day 5 | Muséum National D'Histoire Naturelle, Sacré-Cœur, Clint Mansell's Concert

Thursday, February 19, 2015

Halo!
Akhirnya setelah 2 bulan berlalu, saya kembali melanjutkan cerita dari perjalanan saya di bulan Oktober lalu, semoga masih ingat dengan detil-detilnya deh haha.

Hari itu adalah hari ke-5 saya di Paris. Berhubung saya anaknya suka ke museum dan di Paris ada banyak museum, jadi lagi-lagi saya pergi ke museum.

Museum yang kita kunjungi adalah Muséum National D'Histoire Naturelle. Waktu browsing-browsing tempat wisata sebelum keberangkatan, si pacar ngasih link website museum ini (http://www.mnhn.fr/), begitu buka saya langsung rekues, pokoknya kita harus kesitu! Soalnya kalau dilihat dari foto-fotonya, museum ini bener-bener kayak museum yang seperti di film Night at the Museum! Jadi saya excited dan langsung menaruh museum ini ke itinerary saya.

Jadiii, museum ini bisa dibilang adalah kompleks terdiri dari beberapa museum, termasuk sebuah taman. Museum pertama yang saya kunjungi adalah Galeries d'Anatomie comparée et de Paléontologie. Begitu masuk, saya langsung disambut oleh pemandangan yang luar biasa keren. Sebenernya udah liat fotonya di website, tapi ternyata waktu liat aslinya jauh lebih keren! Yuk masuk!

Begitu masuk, langsung disambut dengan patung ini dan fosil-fosil di belakangnya. Langsung saya kegirangan, apalagi pengunjungnya tidak sepenuh museum-museum kemarin. Bangunan museumnya yang terlihat tua tapi masih terawat bikin museum ini makin photogenic.

Mungkin fosil-fosil disini jumlahnya bisa sampai ribuan kali ya.. Dari mulai paus-paus besar yang ada rahangnya disini, kerangka tulang kucing kampung, sampai badak Sumatera juga ada.

Nah, tulang binatang-binatang tersebut ada di lantai dasar. Masih ada 2 lantai lagi. Dan ternyata, lantai kedua juga gak kalah kerennya, yaitu fosil-fosil binatang purba kala, dinosaurus dan teman-temannya! Tapi kayaknya kalau yang ini cuma replika, tapi tetep keren banget sih hehe.

Gimana gimana? Keren kan? hehe.
Sayangnya penjelasan di masing-masing fosilnya menggunakan bahasa Perancis, jadi saya gak ngerti deh haha. Foto di bawah itu ceritanya telur dinosaurus, tapi saya lupa dinosaurus yang jenis apa.

Yang saya seneng banget dari museum-museum disana tuh walaupun mereka menggunakan bangunan tua, desainnya selalu tetap modern dan bagus.

Ini view dari lantai ketiga, bisa liat fosil-fosil dinosaurus itu dari atas :D

Selesai muter-muter di Galeries d'Anatomie comparée et de Paléontologie, kita lanjut ke museum berikutnya. Museum ini masih ada hubungannya sama binatang-binatang, namanya adalah Grande Galerie de l'évolution. Menurut saya, museum ini adalah salah satu museum favorit saya selama trip ini :D Foto di websitenya bener-bener nggak bohong, bahkan aslinya jauh lebih keren dari di foto!

Mari!

Awal-awal suasanya masih kayak di Seaworld haha, tapi tunggu sampai kita ke lantai atas.

NAH INI DIA!
Kita sampai di bagian tengah dari Grande Galerie de l'évolution. Bener-bener bikin saya kegirangan, apalagi ada replika jerapah besar banget disana. Rasanya seperti lagi di bahtera Nuh, karena banyak binatang yang lagi antri.

Selain karena banyak binatangnya itu, saya juga terpesona dengan bangunannya. Waktu saya lagi muter-muter di dalam, saya dengar ada bunyi petir dan suara hujan, ditambah lagi ada cahaya-cahaya dari luar seperti kilat. Saya pikir di luar hujan deras, tapi ternyata itu adalah efek dari museum ini, yang bikin seolah-olah kita ada di alam beneran dan tiba-tiba hujan, keren ya haha.

View dari lantai atas :D

Jardin des Plantes itu juga merupakan bagian dari Muséum National D'Histoire Naturelle, tapi sayangnya waktu itu sempat hujan jadi kita nggak terlalu banyak foto disitu.

Sesudah muter-muter di dua museum tadi, waktunya makan siang. Kali ini kita makan di restaurant pizza terdekat. Baru kali ini saya makan pizza satu loyang untuk saya sendiri haha. Rasanya enak bangetttt, sayangnya saya nggak kuat menghabiskan semuanya, jadi dibantuin deh sama teman makan saya itu haha.

Sesudah makan rencananya kami akan ke Sacré-Cœur di Montmartre, lalu lanjut nonton konsernya Clint Mansell di Montmartre juga. Jadi Clint Mansell ini adalah komposer musik yang sering bikin musik untuk film-film terkenal, contohnya The Fountain, Moon, Black Swan, dan lainnya. Mehdi ngefans banget sama beliau, rencananya dia mau bawa DVD The Fountain untuk ditandatangani Clint Mansell, tapi sayangnya dia lupa bawa. Jadi kita memutuskan untuk kembali ke rumah sebentar untuk mengambil DVD dan istirahat sebentar.

Sesudah istirahat dan ambil DVD, kita lanjut ke Montmartre. Jadi untuk ke Montmartre ini, kita harus naik metro yang langsung naik ke atas, karena Montmartre letaknya di atas.

Montmartre ini adalah daerah di Paris yang ada di film Amelie. Halte metro di foto di bawah ini desainnya berbeda dari yang lain, yang ini desainnya benar-benar Art Nouveau.

Di perjalanan menuju Sacré-Cœur, kita harus naik beberapa tangga karena Sacré-Cœur itu letaknya masih di atas lagi. Yuk mari naik tangga.

Akhirnya sampai juga di Sacré-Cœur atau yang bahasa inggrisnya adalah Sacred Heart. Sebuah gereja yang letaknya tinggi banget, bahkan bangunannya terlihat dari atas menara Eiffel. Dari depan Sacré-Cœur ini kita bisa lihat pemandangan kota Paris dari atas, bener-bener cantik, nggak kebayang kalau lagi cerah, pasti jauh lebih bagus. Di tangga-tangga depan gereja itu banyak orang yang duduk-duduk, ada yang sekedar duduk sambil foto ataupun yang sambil minum. Banyak yang jual bir disitu. Karena hari itu mendung dan gerimis seharian, jadi langit sore itu terlihat gloomy.

Karena tiba-tiba gerimisnya mulai lagi dan sudah hampir jam 7 malam, jadi kita segera bergerak untuk mencari tempat konser Clint Mansell.

Jadi ini pertama kalinya saya nonton konser di negeri orang hehe. Tapi konser kali ini duduk dan gedungnya mirip Gedung Kesenian Jakarta, tapi terlihat lebih kurang terawat dibanding GKJ. Berhubung tempat duduknya datar, jadi saya pasrah deh duduk di belakang bule yang tinggi-tinggi jadi ketutupan haha. Konsernya keren banget, Mehdi sukses dapat tanda tangan dari Clint Mansell di DVDnya. Akhirnya kita pulang dan saya lupa kita makan malam apa hari ini haha (akibat udah kelamaan).

Selesai juga hari ke-5, di hari ke -6 kita akan ke Disneyland lhoo! Sampai jumpa di tulisan berikutnya! :D