Saturday, August 8, 2009

sebuah penyanyi yang tidak bernyanyi

Pagi tadi ibu saya beres-beres lemari, disitu saya nemu sebuah buku. Buku itu adalah buku panduan penggunaan mesin jahit lama ibu saya, merk mesin jahitnya Singer.
Buku ini buku lama, tertulis ada tahun 1978 di awal buku (saya kurang tau itu maksudnya cetakan tahun segitu atau gimana).
Tapi yang menurut saya paling menarik adalah, setiap langkah panduan yang disampaikan lewat ilustrasi, tanpa tulisan sama sekali. Bahkan untuk urutan langkahnya, diwakili dengan bulatan-bulatan, bukan dengan angka. Saya sih sok tau apa, menurut saya mungkin produsen mesin jahit ini emang ingin mesin jahitnya bisa dipakai semua orang, semua kalangan, bahkan bagi yang butahuruf.
Hebat juga ya, ternyata buku ini ngga butuh tipografi untuk berkomunikasi.

Seperti inilah bukunya.
Photobucket

singer2

4 comments:

  1. aduh bagus! hebat tid nyokap lo msh nyimpen aja

    ReplyDelete
  2. bagus ya! layoutnya juga bagus.
    nyokap gw bukan nyimpen ga, tapi tidak sengaja tersimpan ditumpukan dalem lemari hehe

    ReplyDelete